Rabu, 25 Oktober 2017

Tips Jitu Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Agar Ahli

Seperti yang kita ketahui, penerapan desain grafis sangat luas dan sangat berpengaruh bagi masyarakat luas. Mulai dari desain media sosial yang sering kamu dan teman teman gunakan, sampai ke undangan pernikahan. Mulai dari kombinasi huruf dan angka, keselarasan warna, semuanya sangat kompleks sekaligus indah. Bagi kamu yang sedang belajar atau mendalami ilmu desain grafis, berikut beberapa tips yang bisa dijadikan referensi untuk master piece selanjutnya

Tips Jitu Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Agar Ahli
Tips Jitu Belajar Desain Grafis Bagi Pemula Agar Ahli


1. Pemilihan Font dan Pengaturan Skala

Gunakan jenis font yang mudah dibaca untuk desain yang sederhana dan efektif. Gunakan font-font san-serif seperti Avenir, Nexa, Brandon Grotesque untuk mendapatkan hasil desain yang modern. Jangan lupa juga untuk meihat koleksi 20 font modern, keren dan gratis dari Cara Desain. Pengaturan skala juga tidak kalah pentingnya loh untuk mendapatkan karya desain yang keren. Gunakan font berukuran sangat besar untuk judul atau pesan utama, dan gunakan font berukuran sangat kecil (9-11pt) untuk font paragraf.

2. Perhatikan Warna, Kontras, dan Tingkat Kecerahan

Untuk pemilihan warna, gunakan nada yang berbeda dari warna yang sama (gradasi). Bermainlah dengan kontras warna sehingga menciptakan perpaduan gradasi yang indah. Mengatur tingkat kecerahan juga diperlukan sehingga background bisa mengimbangi warna teks pada desain.

3. Keep It Simple

Buatlah karya yang sederhana tanpa harus merubah konsep dasarnya. Gunakan kombinasi warna kontras tonal untuk memastikan bahwa teks tajam dan mudah dibaca. Menerapkan bingkai juga akan meningkatkan struktur komposisi desain.

4. Bermain Dengan Garis Simetris

Desain grafis pada umumnya sering terdiri dari garis-garis simetris yang disesuaikan dengan komponen desain lainnya. Pastikan ketebalan dari garis simetris yang digunakan sesuai dengan jenis ketebalan huruf.

5. Ruang kosong pada desain

Penerapan area kosong (lebih dikenal dengan nama ‘white space’) di sekitar  teks, gambar, dan fitur grafis lainnya membuat hasil karyamu terlihat indah. Desain yang sederhana dapat lebih menarik perhatian daripada desain dengan komposisi berantakan atau terlalu bising.

6. Jangan Terburu-buru

Membuat karya desain yang baik sangat berhubungan dengan kesabaran dan ketelatenan. Biarkan kreativitas Anda berjalan sesuai alur tanpa harus dipaksa. Beristirahatlah terlebih dahulu, tidak jarang kamu akan menemukan inspirasi baru.

7. Buatlah Moodboard

Buatlah Moodboards sederhana berupa collage yang berisi koleksi gambar, warna dan karya visual lainnya. Hal ini akan membantumu mendapatkan gambaran atau inspirasi terhadap desain grafis apa yang akan dibuat dan bagaimana cara pembuatannya.

8. Think Outside The Box

Sebisa mungkin, buatlah desain yang berbeda atau out of the box. Jadilah kreatif, temukan ide atau terobosan yang berbeda dari desainer lain.

9. Selalu Membawa Notebook

Di manapun kamu berada, di kereta, di tempat kerja atau ketika akan tidur malam, bawalah sebuah catatan kecil bersamamu. Inspirasi bisa datang kapan saja, oleh karena itu penting untuk mencatatnya sebelum lupa. Menggambar atau membuat sketsa dari inspirasi tersebut adalah salah satu cara yang berguna untuk menyimpan ide.

10. Push Your Design To The Limit

Jangan takut untuk menunjukkan ketotalitasan dalam mendesain. Kesalahan dalam mendesain adalah hal yang wajar, dan kadang-kadang mereka adalah bagian paling penting dari pengalaman belajar. Dorong desainmu sampai ke luar batas, dengan begitu tingkat kekreatifanmu akan bermanfaat sepenuhnya.

Itulan 10 tips jitu belajar desain grafis bagi pemula agar ahli. Semoga bermanfaat dan jangan lupa share ataupun tinggalkan komentar anda.

Seorang blogger pemula yang cuma ingin mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia-sia ~SALAM BLOGGER~

Komentar yang baik dan sesuai topik artikel
EmoticonEmoticon