Rabu, 25 Oktober 2017

Pengertian dan Perkembanga Serta SejarahTeknologi Desain dan Grafis

Teknologi Desain - Teknologi secara harafiah adalah ilmu mengenai teknik. Teknik ialah metode, cara, keterampilan untuk membuat sesuatu atau mencapai sesuatu. Dalam arti yang sempit, teknologi diartikan dengan
istilah pemberian dan praktek ilmu terapan pada industri yang mempunyai nilai praktis.

Pengertian agak luas, teknologi adalah semua proses yang berhubungan dengan bahan, teknologi bukanlah bakat atau kodrat melainkan keilmuan yang harus dipelajari baik ilmu terapan maupun sebagai keterampilan tangan.

Pengertian dan Perkembanga Serta SejarahTeknologi Desain dan Grafis
Pengertian dan Perkembanga Serta SejarahTeknologi Desain dan Grafis
Teknologi dalam makna sangat luas, berarti cara-cara membuat atau mengerjakan suatu produk. Sementara itu, aspek teknologi juga tampak perkembangannya melalui peralatanitu sendiri, baik tipologi peralatan yang bersifat manual maupun masinal.

Demikian juga teknologi bahan, yang tidak hanya berkisar pada pengolahan bahan itu sendiri, akan tetapi juga bertalian dengan kemungkinan bahan lain yang dapat dipergunakan maupun aplikasi bahan satu dengan lainnya dalam suatu produk.

Adanya teknologi semua kegiatan menjadi serba mudah cepat dan rasional, tentu selain segi positip yang dapat meningkatkan harkat hidup masyarakat banyak, teknologi pada hakekatnya juga mengubah pelbagai dimensi kehidupan, baik yang berakibat alami, hubungan kemasyarakatan, maupun nilai-nilai budaya.

Apabila teknologi secara sederhana diartikan sebagai ilmu yang mengaji masalah teknik atau cara, maka format awal yang dapat dilacak atau ditelusur melalui berbagai peralatan yang telah dihasilkan nenek moyang kita pada masa-masa prasejarah .

Penyempurnaan teknik asah dari monofasial ke arah bifasial, dari kapak genggam ke arah kapak sepatu, dari bahan batu ke arah bahan logam dan seterusnya adalah indikasi evolusi perkembangan teknologi.

Teknologi desain sederhana

Teknologi sederhana sudah muncul semenjak pada periode
primitif (prasejarah) yang berhubungan dengan kebutuhan manusia baik lahiriyah maupun spiritual, yaitu bagaimana menciptakan bentuk gambar sederhana, seperti yang ditemukan pada dinding
gua di Lascaux dan Altamira.
lukisan di goa
Pada awal ini teknologi dalam membuat media grafis komunikasi sangatlah sederhana dengan menggunakan alat runcing dengan cara goresan tangan untuk menghasilkan karya bersimbol untuk berkomunikasi antar manusia dan atau dengan Yang Maha Kuasa

Teknologi sederhana pembuatan ilustrasi (klise) pertama kali dibuat dengan cukil tangan pada tahun 1423.

Teknik yang digunakan adalah dengan bahan kayu ke arah serat membujur yang dicukil dengan
sebilah pisau.
Lukisan yang mengarah ke serat-serat kayu
Lukisan yang mengarahke serat-serat kayu
Pada tahun ini juga Laurens Janszoon Koster menemukan sistem cetak dengan menggunakan metode huruf-huruf lepas, kemudian disempurnakan oleh Peter Schoffer pada tahun 1458.

Mesin offset dari Heidelberg tahun 2004

Pada tahun 1798 Alays Senefelder memperkenalkan teknik cetak datar atau lithography sebagai cikal bakal metode cetak offset, yang dimungkinkan lebih berkembang media komunikasi, seperti mas media, buku, poster, iklan dan sebagainya.
Mesin offset dari Heidelberg tahun 2004
Mesin offset dari Heidelberg tahun 2004
Sekitar akhir abad 18 ditemukannya teknik membuat ilustrasi secara sederhana sebagai pengembangan teknik tahun 1423, yaitu posisi serat kayu yang melintang agar hasilnya lebih halus berkualitas.

Teknologi secara masinal ditandai di Inggris, yaitu Revolusi Industri yang ditandai dengan penggunaan mesinuap. Dari perkembangan ini hingga menyebar ke Benua Eropa dan Amerika, meskipun berbagai gagasan sudah dilontarkan sebelum abad 18.

Perkembangan Teknologi Grafis mulai pada tahun 1808 terciptalah mesin penyusun huruf (typesetting machines) pertama yang dite-mukan di Inggris oleh William Church.

Jenis mesin ini menggunakan huruf-huruf yang sudah dituang (dari logam). Pada tahun 1855 Tacheotype Denmark menemukan mesin pertama otomatis dengan sistem urai.

Mesin cetak woodcut yang diproduksi tahun 1870-an

Mesin cetak woodcut yang diproduksi tahun 1870-an, iklannya dibuat di Scientific American 1875. Charles Kastenbein Jerman tahun 1869 merupakan penemu mesin pertama yang dapat dipasarkan
dalam jumlah lebih banyak. Secara teknis untuk mengoperasikan mesin ini hanya diperlukan tenaga 4 orang.
Sebuah mesin cetak woodcut produksi tahun 1870-an
Sebuah mesin cetak woodcut produksi tahun 1870-an

Ottmar Mergenthaler menemukan mesin Linotype

Tahun 1885 Ottmar Mergenthaler menemukan mesin Linotype, yaitu penggabungan jenis mesin tuang dengan mesin penyusun dalam satu mesin.
Linotype temuan Ottmar Mergenthaler tahun 1885

Linotype temuanOttmar Mergenthaler tahun 1885
 Jenis mesin ini merupakan jenis mesin paling baik dekade ini, dan dalam perkembngannya jenis ini masih menjadi acuan sebagai dasar pembuatan mesin baru.

Tahun 1916 Ludlow menemukan pelengkap mesin cetak untuk menghindari kekurangan spasi dan huruf agar lebih konsisten dan teratur, khususnya penggunaan huruf-huruf besar, garis vertikal maupun horisontal, dan ornamen pada sebuah poster.

Dekade tahun 2000-an muncul teknologi komputer dan mesin cetak glosy maupun vinyl yang memudahkan pencetakan tanpa menggunakan klise. Teknik ini menangkap masyarakat yang membutuhkan produk publikasi/ komunikasi secara cepat dan tepat.

Mungkin itu saja yang bisa saya jelaskan kurang lebihnya mohon maaf dan semoga bermanfaat. Jangan lupa komen and share artikel ini jika bermafaat.

Seorang blogger pemula yang cuma ingin mengisi waktu luang agar tidak terbuang sia-sia ~SALAM BLOGGER~

This Is The Newest Post

Komentar yang baik dan sesuai topik artikel
EmoticonEmoticon